Korea Utara Luncurkan Roket Desember

Korea Utara Luncurkan Roket Desember
DIGITALGLOBE / AFP PHOTO Foto satelit ini memperlihatkan lokasi peluncuran roket Korea Utara di Sohae.

PYONGYANG - Korea Utara berencana meluncurkan sebuah roket jarak jauh antara tanggal 10 dan 22 Desember 2012. Demikian dikabarkan kantor berita Korea Utara, KCNA, Sabtu (1/12/2012).

Dalam pernyataan yang disiarkan KCNA, Komite Teknologi Angkasa Luar Korea mengatakan akan meluncurkan satelit baru setelah para ilmuwan mempelajari kesalahan saat pelulncuran roket yang gagal April lalu.

"Para ilmuwan dan teknisi Korea Utara telah menganalisa kesalahan yang kami buat dalam peluncuran roket April lalu. Kami kini bekerja keras untuk meningkatkan kemampuan dan ketepatan satelit dan roket pembawanya," demikian pernyataan komite.

Komite menambahkan peluncuran roket ini adalah untuk menempatkan sebuah satelit observasi di orbit Bumi.

Pada April lalu, Korea Utara sempat menggegerkan dunia terkait rencana peluncuran roket jarak jauh Unha-3 yang juga diklaim Pyongyang untuk menempatkan sebuah satelit di orbit Bumi.

PBB dan AS bersikukuh bahwa roket yang diluncurkan itu adalah misil balistik jarak jauh yang merupakan varian misil antar benua Taepoding-2.

Uji coba pada April lalu itu mempengaruhi semua upaya internasional terkait masalah nuklir Korea Utara. AS bahkan menghentikan rencana bantuan pangan yang sangat dibutuhkan negeri itu.

Dewan Keamanan PBB sebelumnya telah memperingatkan Korea Utara agar tidak melaksanakan uji coba misil balistiknya.

"Kami semua sepakat bahwa tak ada perlunya Korea Utara melanjutkan uji coba misilnya," kata Ketua Komite Sanksi untuk Korea Utara, Jose Felipe Moraes Cabral.
 

Sumber : AFP
This entry was posted in . Bookmark the permalink.