Kejar 100.000 Aplikasi, RIM Manjakan Pengembang BB10





BANGKOK — Research in Motion (RIM) beberapa waktu lalu dilaporkan membuat target ambisius soal jumlah aplikasi yang akan tersedia di debut perdana platform BlackBerry 10.

"Ya, itu benar, targetnya memang 100.000 aplikasi, jumlah tersebut adalah aplikasi yang ditulis untuk BlackBerry 10 saja, tak termasuk yang dibuat untuk versi OS sebelumnya," ujar South Asia Managing Director Research in Motion Hastings Singh dalam sesi wawancara BlackBerry Jam Asia 2012 di Bangkok, Thailand, Kamis (29/11/2012) kemarin.

Developer Relations & Ecosystem Development Vice President Research in Motion, Alec Saunders, menambahkan bahwa toko aplikasi BlackBerry 10 akan menawarkan jumlah aplikasi perdana yang jauh lebih tinggi dibanding platform mobile lainnya dalam sejarah.

Lalu, apa yang dilakukan RIM untuk mencapai target itu? Produsen BlackBerry ini rupanya berusaha menyenangkan developer.

"Tingkat sentimen developer terhadap BlackBerry 10 naik drastis dari 7 persen pada Mei 2012. Sekarang 65 persen developer memiliki sentimen positif terhadap BB 10 dan sebanyak 57 persen merekomendasikannya," ujar Saunders, mengutip hasil riset Vision Mobile berjudul "Developer Economics 2012".

Selain itu, BlackBerry 10 diklaim sebagai platform yang paling mudah dalam urusan pembuatan aplikasi, selain juga yang paling menguntungkan.

Hasilnya, pasokan aplikasi dari developer disebutkan "lancar". "Baru-baru ini, misalnya, kami memperoleh lebih dari 2.000 aplikasi hasil porting lewat event khusus," ujar Singh tanpa merinci berapa persisnya jumlah aplikasi BlackBerry 10 yang sudah berhasil dikumpulkan hingga saat ini.

RIM pun menggelar berbagai macam insentif untuk menarik developer agar membuat aplikasi BlackBerry 10, antara lain dengan memberi jaminan pendapatan 10.000 dollar AS dan hadiah untuk developer yang melakukan porting aplikasi.

Pada 11 Desember nanti, produsen BlackBerry ini akan meluncurkan BlackBery 10 Software Development Kit (SDK) Gold yang merupakan versi terakhir yang akan dikeluarkan sebelum perangkat BB 10 resmi dirilis.

Aplikasi pun bukan satu-satunya jenis konten yang akan dijajakan RIM. "Nama toko aplikasi 'App World' akan berubah menjadi 'BlackBerry World' pada 23 Januari tahun depan karena kami akan turut menyediakan berbagai konten lain seperti musik dan video," ujar Saunders.



This entry was posted in . Bookmark the permalink.