Ilmuwan Ciptakan Robot Bertenaga Kotoran Manusia

Ilmuwan Ciptakan Robot Bertenaga Kotoran Manusia
BBC
Para ilmuwan memamerkan Ecobot III yang untuk 
menggerakkannya menggunakan energi yang diperoleh dari kotoran manusia.
LONDON - Para ilmuwan di Bristol untuk pertama kalinya memamerkan sebuah robot baru yang menggunakan tenaga tak biasa, kotoran manusia!.

Dalam penjelasannya disebutkan bahwa robot yang diberi nama The EcoBot III berhasil ''dihidupkan'' dari limbah dengan mengubah energi dari limbah kaya nutrisi menjadi listrik.

Proyek ini dikerjakan oleh Laboratorium Robotik Bristol, dan mereka berharap robot ini bisa meningkatkan cara pengelolaan limbah dalam pembangkit limbah yang hemat biaya energi.

Robot ini terbentuk dari dari baterai yang menghasilkan listrik, nampan untuk menahan limbah dan bahkan topi perangkap lalat.

Laboratorium Robotik Bristol meyakini bahwa ini adalah untuk pertama kalinya ilmuwan mengembangkan robot jenis ini - berbahan bakar kotoran manusia.

Hemat

Mereka bekerjasama dengan sebuah perusahaan saluran pembuangan limbah, Wessex Water, yang menyediakan kotoran manusia untuk keperluan pengembangan Ecobot III.

Dr Julian Dennis, yang pertama kali mencetuskan ide ini, mengatakan pengolahan limbah saat ini menggunakan banyak energi, yang memakan biaya mahal.

Tetapi jika ada cara untuk membuat EcoBot III bekerja dalam skala yang besar, maka pembangkit limbah hanya akan menjalankan listrik dari limbah yang mereka sudah produksi.

Hal ini tentu berpotensi menghemat banyak uang.
 

Sumber : BBC Indonesia
This entry was posted in . Bookmark the permalink.