Kenapa dan Mengapa ANONYMOUS Menargetkan Website Pemerintah Indonesia

anonymous serang website pemerintah RILagi hangat berita belakangan ini setelah tertangkapnya Wildan yang merupakan tersangka peretas situs resmi presiden SBY. Ya, menyusul penangkapan itu, grup hacktivist Anonymous melancarkan serangan ke beberapa domain .go.id milik pemerintah RI. Latar belakang yang terselip adalah upaya pembelaan terhadap penangkapan Wildan, walau ada juga yang berpendapat lain.

Banyak yang mungkin tidak mengetahui siapa itu kelompok anonymous? ya anonymous adalah kumpulah hacktivist yang bekerja tanpa hierarki, siapa saja bisa masuk ke dalam grup anonymous. Walaupun tidak memiliki struktur organisasi dan tidak mempunyai pemimpin Anonymous bukanlah kelompok fiksi .Penyerangan banyak jaringan menjadi buktinya ,Biasanya setelah penyerangan Anonymous akan mengumumkanbahwa mereka bertanggungjawab terhadap penyerangan tersebut.

Satu alasan yang melatarbelakangi penyerangan terhadap website pemerintah RI adalah.. Seperti kita ketahuin Indonesia itu gudangnya Hacker, Carder, baik hitam, putih maupun abu-abu. So, penyerangan terhadap website pemerintah yang mengatasnamakan anonymous bisa saja dilakukan oleh orang lokal yang memang anggota anonymous, dan bertindak atas nama anonymous. Well, who knows.

Pros and Cons masalah ini pasti terjadi, mulai dari mengapa Wildan meretas situs presiden SBY dan mempublishnya dan tidak melaporkan ke admin hole di security mereka. Jika hal tersebut dilakukan, mungkin dia patut untuk ditarik ke tenaga konsultan security. Namun karena beliau meretas, mempublish tanpa POC ke yang punya website, yaa.. apa maw dikata.. pasti hukum didepan mata.

Semoga kejadian ini tidak memupuskan bibit-bibit ahli IT di Indonesia, saya yakin diluar sana masih banyak jago2x IT yang tidak terdeteksi, yang pagi sampai sore hari bekerja melindungi network, dan malam hari nya berkeliaran di dunia maya... Maju terus Dunia IT Indonesia.
This entry was posted in , . Bookmark the permalink.