Presiden Obama kembali ke Gedung Putih





Obama dan istri
Obama dan keluarganya meninggalkan Chicago untuk menuju ke Washington.

Sehari setelah menang dalam pemilihan presiden Amerika Serikat untuk masa jabatan kedua, Presiden Barack Obama telah kembali ke Gedung Putih di Washington.
Obama bertolak dari Chicago, tempat ia menyampaikan pidato kemenangan pada Rabu (07/11) petang waktu setempat.

Presiden Obama akan menghadapi pembahasan anggaran negara yang mendesak dilakukan.
Obama menyerukan kepada kubu Republik yang menguasai Dewan Perwakilan Rakyat berdasarkan hasil pemilihan pada Selasa (06/11) untuk bekerja bersama guna mengatasi defisit anggaran.
Dia melakukan percakapan telepon dengan Ketua DPR dari Republik John Boehner.

"Presiden kembali menegaskan komitmennya untuk mencari terobosan yang didukung kedua partai guna menekan angka defisit dengan cara seimbang, memotong pajak bagi rumah tangga kelas menengah, usaha kecil dan menciptakan lapangan kerja," kata seorang pejabat Gedung Putih seperti dikutip kantor berita AFP.

Dalam pernyataan pertama di depan umum sejak pemilihan, Boehner mengatakan anggota DPR dari Republik siap bekerja bersama dengan presiden.

Kubu Republik sebelumnya menentang keras kenaikan pajak, tetapi kini Boehner mengatakan Republik akan melakukan kompromi selama kode perpajakan dirombak dan disertai dengan program-program tunjangan kesejahteraan.

"Presiden, inilah waktunya bagi Anda. Kami siap dipimpin, tidak sebagai Demokrat atau Republik, tetapi sebagai warga Amerika," kata Boehner.

Kecuali dicapai kesepakatan, kenaikan pajak secara otomatis dan pemotongan anggaran akan berlaku mulai tanggal 1 Januari 2013.

Sumber : BBC Indonesia
This entry was posted in . Bookmark the permalink.