11 PERSONAL CONSTRUCT GEORGE KELLY


11 Macam corollary yang dikemukakan oleh George A Kelly adalah sebagai berikut:

1.Construction Corollary: Manusia mengantisipasi peristiwa dengan membentuk replikasi (pada peristiwa yang temanya sama).

2.Individuality Corollary: Manusia berbeda-beda dalam membuat konstruk atas peristiwa yang sama (tergantung interpretasi masing-masing) adanya perbedaan individu, bagaimana individu menerima atau menginterpretasi suatu peristiwa.


3.Organization Corollary: Manusia cenderung untuk mengatur konstruk individualnya berdasarkan pandangannya terhadap hubungan antar konstruk itu (hirarki).

4.Dichotomy Corollary: Sistem konstruk manusia terdiri atas sejumlah konstruk dikotomis/bipolar.

5.Choice Corollary: Manusia memilih sendiri alternatif dari konstruk dikotomis tersebut berdasarkan keinginannya untuk memperjelas atau memperluas sistem konstruknya.

6.Range Corollary: Suatu konstruk hanya dapat digunakan untuk mengantisipasi peristiwa tertentu saja (ada yang dapat digunakan beragam situasi /orang, ada juga yang hanya dapat digunakan situasi yang sangat terbatas.

7.Experience Corollary: Sistem konstruksi manusia berubah sebagai hasil dari pengalaman manusia yang berubah.

8.Modullation Corollary: Variasi dalam sistem konstruk dibatasi oleh permeabilitas konstruk tersebut.

9.Fragmentation Corollary: Manusia dapat mentoleransi berbagai subsistem konstruksi yang bertentangan satu sama lain tanpa memodifikasi konstruk keseluruhan.

10.Commonality Corollary: Sampai dengan taraf tertentu, manusia dapat menerapkan konstruksi yang sama dengan orang lain jika proses psikologisnya sama (norma kultural, moralitas, idealitas).

11.Sociality Corollary: Sampai taraf tertentu, manusia membentuk proses konstruksi dari orang lain, ia dapat berperan dalam suatu proses sosial yang melibatkan orang lain.

Untuk mendownload file power pointnya, klik disini

This entry was posted in . Bookmark the permalink.