Australia Rela Bangkrut Demi Goa ini




Goa Jenolan (Jenola Cave) merupakan salah satu destinasi wisata di New South Wales, Australia. Namun, goa yang penuh dengan nilai history ini mengalami kerugian dalam sembilan tahun terakhir.
Pemerintah pun langsung mencari cara menyelamatkan situs ini.

Jenolan Cave yang selama ini dikelola oleh pemerintah pun mulai membuka diri untuk menerima bantuan dari pihak swasta untuk mengembangkan wisata sejarah ini.

Menteri Lingkungan Hidup Robyn Parker mengatakan, situs ini menjadi salah satu ikon utama bagi Australia. Namun sayangnya gagal berkembang walaupun sudah menerima subsidi hingga USD700 ribu setiap tahunnya.

Padahal, sekira 226.000 pengunjung datang ke goa untuk menikmati keindahan alam gua ini setiap tahunnya. Namun hanya setengahnya yang menginap di hotel goa bersejarah ini. Demikian seperti dilansir dari SMH, Kamis (6/12/2012).

“Tidak ada alasan Jenola cave tidak dapat berkembang. Ini saatnya pihak swasta juga memikirkan bagaimana membantu aset negara ini untuk terus berkembang,” ujar Parker.

Menurutnya, pencarian upaya penyelamatan situs sejarah ini akan dimulai pada awal 2013 mendatang. Upaya kerja sama dengan pihak swasta ini pun mencakup pengambil alihan pengelolaan goa. Adanya kerja sama antara pihak swasta, pemerintah, lembaga non profit, serta masyarakat diharapkan akan membuat situs ini semakin ramai dikunjungi wisatawan. 


Sumber: Okezone
This entry was posted in . Bookmark the permalink.